Rabu, 28 Desember 2011

VITAMIN

Zaizai-Pharmacan -- Vitamin merupakan suatu senyawa organik yang dalam jumlah kecil sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memelihara fungsi dan metabolisme yang normal. Vitamin yang diperoleh oleh tubuh berasal dari makanan sehari-hari. Tetatpi ada juga yang diperoleh dari hasil sintesis flora usus, misalnya vitamin K dan asama pantotenat (Vitamin B5). Bahkan, vitamin A dan D dapat dibentuk sendiri oleh tubuh. Pada umumnya, vitamin merupakan co-enzim dari suatu yang berperan pada proses metabolism dalam tubuh.
Pada keadaan tertentu, tubuh dapat mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin. Defisiensi vitamin dapat terjadi akibat beberapa hal antara lain:
a.       Makanan yang dikonsumsi shari-hari kurang kandungan vitaminnya
b.      Adanya gangguan pencernaan sehingga penyerapan vitamin menjadi terhambat
c.       Kebutuhan vitamin meningkat, misalnya pada masa kehamilan, masa pertumbuhan, dan masa penyembuhan dari sakit.
Berdasarkan sifat kepolarannya (kelarutan), vitamin dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu:
1.       Vitamin yang larut dalam air (hidrofil)
Vitamin dalam golongan ini mudah diserap oleh dinding usus dan mudah pula untuk dikeluarkan bersama urin. Sehingga vitamin dalam kelompok ini sedikit sekali yang disimpan dalam tubuh.
Vitamin-vitamin yang larut dalam air antara lain golongan Vitamin B-kompleks, Biotin, Rutin, dan Asam para amoni benzoat.
Disebut sebagai Vitamin B-Kompleks karena kelompok vitamin ini berasal dari sumber yang sama. Sehingga defisiensi satu anggota kelompok vitamin ini biasanya juga disertai dengan defisiensi seluruh kompleks vitamin ini.
a.       Thiamin (Vitamin B1)
Vitamin ini mudah larut karena biasanya terikat bersama HCl sebagai Thiamini Hydrochloridum (Thiamin HCl). Vitamin B1 biasanya terdapat dalam kulit beras, hati, ginjal, ragi, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Vitamin ini sangat penting dalam metabolism karbohidrat. Defisiensi vitamin B1 dapat menyebabkan gejala anoreksia, obstipasi (sembelit), kejang otot, dan yang paling sering adalah kesemutan (paresthesia), beri-beri dengan polyneuritis dan gangguan jantung. Dalam dosis tinggi bersama dengan Vitamin B6 dan Vitamin B12 digunakan sebagai vitamin neurotropik.
b.      Riboflavin (Vitamin B2)
Vitamin ini biasanya diperoleh dari usus, telur, hati, kulit beras, ragi dan sayuran. Defisiensi Vitamin B2 dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan radang pada sudut mulut, radang lidah, kelainan mata (conjungtivis dan fotophobia)
c.       Piridoksin (Vitamin B6)
Vitamin ini juga terikat bersama HCl sebagai Piridoksin HCl. Pada umumnya, vitamin ini ada dalam bentuk priridoksin, piridoksal, dan piridoksamin. Vitamin B6 Banyak terkandung dalam daging, hati, ginjal, padi-padian, kacang-kacangan, dan sayuran. Vitamin ini dalam dunia kefarmasian biasanya digunakan untuk melawan mual dan muntah (antiemetika), depresi karena pil antihamil, dan muntah kehamilan (morning sickness). Defisiensi Vitamin B6 dapat menyebabkan gangguan kulit (radang), gangguan alat pencernaan, radang selaput lender mulut dan lidah, radang saraf, dan ganggua pembentukan sel-sel darah merah. Defisiensinya juga dapat terjadi karena konsumsi INH (Isoniazid) untuk jangka waktu lama.
d.      Nikotinamida (Niasinamida, PP-Factor, atau Vitamin B3)
Vitamin B3 terdapat dalam sayuran, ikan, daging, padi, dan gandum. Vitamin ini ada dalam bentuk Asam Nikotinat. Di dalam hati, asam ini diubah menjadi nikotinamida yang merupakan co-enzim pada proses reduksi oksidasi. Defisiensi vitamin B3 dapat menyebabkan penyakit Pellagra, yakni gejala kulit menjadi hitam (dermatritis), gangguan lambung usus (diare), dan gangguan saraf (dementia).
e.      Asam Pantotenat (Vitamin B5)
Vitamin B5 terdapat di semua jaringan tubuh dan bermacam-macam makanan, dan juga dapat diproduksi oleh flora usus. Bentuk aktifnya adalah isomer dexter, yaitu d-pantotenat. Vitamin B5 merupakan suatu co-enzim A yang penting dalam metabolisme.
f.        Asam Folat (Vitamin B11)
Vitamin B11 atau yang sering dikenal sebagai asam folat banyak terdapat dalam sayuran, hati, ragi, daging, ikan, dan kacang-kacangan, dan hanya sedikit sekali terdapat dalam buah-buahan. Dalam hati, asama folat diubah menjadi tetrahidrofolat yakni suatu co-enzim pada sintesis asam inti dan pembelahan sel. Asam Folat sangat penting pada pembentukan eritosit (erytropoetic) sehingga defisiensinya dapat menyebabkan anemia megaloblaster.
g.       Cyanocobalamin (Vitamin B12)
Vitamin B12  merupakan suatu persenyawaan kompleks unsur Cobalt (Co) yang berwarna merah maroon. Dalam obat, vitamin B12 hanya terdapat dalam potensi microgram (mcg). Vitamin ini banyak terdapat dalam makanan yang berasal dari hewan, yakni daging, hati, telur, dan susu, dalam bentuk suatu protein. Dalam lambung, vitamin B12 akan terlepas dari kompleksnya lalu berikatan dengan faktor intrinsik yang dikeluarkan oleh mukosa lambung, sehingga dapat diserap dengan mudah oleh usus halus. Dalam tubuh, vitamin ini ditimbun di dalam hati karena esensinya dalam pembentukan eritrosit sehingga defisiensinya dapat menyebabkan anemia megaloblaster.
h.      Asam Askorbat (Vitamin C)
Selain vitamin B-kompleks, vitamin C juga termasuk ke dalam vitamin yang larut dalam air. Vitamin C yang juga disebut sebagai Asam Askorbat banyak sekali terdapat dalam sayur dan buah. Vitamin C sangat berperan penting dalam pembentukan zat pengikat dalam tulang dan tulang rawan, sekitar kapiler, dan antar sel (kolagen) yang penting bagi saling terikatnya jaringan. Bila sintesis kolagen terganggu, dinding pembuluh darah mudah rusak sehingga mudah terjadi perdarahan. Selain itu, penggunaannya juga untuk mempercepat sembuhnya luka dan mempertinggi daya tahan tubuh terhadap infeksi kuman serta antilipidemika. Defisiensi vitamin C dapat menyebabkan sariawan (skorbut), gigi mudah lepas, luka yang sukar sembuh, da mudahnya terjadi perdarahan.
2.       Vitamin yang larut dalam lemak (hidrofob)

0 komentar:

Posting Komentar

Hai teman...
Berkomentarlah yang baik ya. Gunakan bahasa yang sopan, tak harus bahasa resmi pun tak apa. Yang penting, jangan menyinggung SARA dan SARU pastinya. hehe...
Terima kasih atas komentarnya!!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management